Search This Blog

Popular Posts

Saturday, February 22, 2020

PANCASILA

Walau di awalnya dan sampai hari ini banyak yang menkritik,namun di akui atau tidak indonesia sepakat menggunakan pancasila sebagai dasar negara. selama ini orang hanya tau pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa yang menjadikan dasar negara ini. basis pemikiran pancasila bermula dari pemikiran/idiologi marhaenisme. untuk itu kita sebagai warga negara indonesia perlu mengerti konsep awalnya,basis pemikiran tentang marhaenisme yang nanti pada ujungnya muncul pancasila.

ASAS MARHAENISME
  1. SOSIO NASIONALISME (Nasionalisme yg berperikemanusiaan)
  2. ERA PERJUANGAN, Rasa memiliki dan mencintai bagian dari bangsa yang sekaligus kesadaran sebagai bagian dari bangsa bangsa di dunia ini. sehingga kita harus menghormati kemerdekaan tiap tiap bangsa yang ada.
  3. SOSIO DEMOKRASI (Demokrasi politik dan demokrasi ekonomi/demokrasi yg berorientasi pada keadilan sosial)
  4. SETELAH KEMERDEKAAN Demokrasi politik (membrikan kebebasan di bidang politik bagi rakyat untuk menentukan pilihannya).juga demokrasi ekonomi yg melindungi perekonomian rakyat secara menyeluruh,di mana rakyat berhak bekerja dan hidup dengan layak.
  5. KETUHANAN YANG MAHA ESA. Apapun yang di lakukan,apapun yang di kerjakan dalam kontek kehidupan bernegara dasar pemikiran,dasar mengerjakan adalah nilai nilai agama  untuk menjadikan prinsip prinsip moralnya.

No comments:

Post a Comment